Wujudkan Bubulak Kreatif, Peran Karang Taruna Sangat Dibutuhkan

oleh -1.406 views

BOGOR, Kobrapostonline.com – Lurah Bubulak Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Asep Faizal Rahman akan bangkitkan kembali Karang Taruna Bubulak, sesuai dengan program yang sudah dicanangkan yakni memajukan dan mengembangkan kreatifitas pemuda-pemudi serta masyarakat di Kelurahan Bubulak.

Asep Faizal Rahman Lurah Bubulak Kecamatan Bogor Barat saat ditemui usai acara Diskusi dan Silaturahmi di Aula Kelurahan Bubulak, Sabtu (13/07/2019) mengatakan, meskipun Karang Taruna belum disahkan kembali secara legal formal, namun program dan langkah kerjanya sudah terlihat lebih dulu.

“Kami mendorong untuk segera melakukan revitalisasi kepengurusan yang direstui oleh seluruh elemen masyarakat Bubulak. Agar kinerja mereka kedepan mendapat dukungan dari seluruh warga Bubulak. Dan InsyaAllah dapat juga menjadi suatu motor untuk pergerakan yang menjadikan Bubulak sebagai kelurahan termiskin kedua di Kota Bogor agar menjadi kelurahan yang cukup diperhitungkan nantinya. Dengan kreatifitas Karang Taruna yang ada sekarang, saya yakin bisa,” ungkapnya.

Karang Taruna Bhakti Mulya Lestari Kelurahan Bubulak

Ditempat yang sama Ketua Karang Taruna Bhakti Mulya Lestari Kelurahan Bubulak, Hendar mengatakan salah satu bentuk sambutan atas rangkulan dari Lurah baru ini adalah dengan merombak kabinet untuk menjadi organisasi yang lebih solid dan berkualitas kedepannya. Karang Taruna Bubulak selama ini bukan mati suri, namun berjalan lambat karena kurangnya dukungan dari berbagai pihak.

“Saya membantah statement Ketua LPM yang menyatakan Karang Taruna mati suri. Kalau disebut mati suri berarti tidak aktif, tidak ada kegiatan. Dengan kehadiran Lurah baru, kami merasa tersupport. Kami akan bangkit dan mengakomodir teman-teman yang tentunya memang berfikir maju. Karena Karang Taruna itu bukan hanya bersifat sosial, tapi bagaimana caranya untuk menggali potensi yang ada di wilayah Bubulak,” katanya.

Hasil Karya Karang Taruna Bhakti Mulya Lestari

Aji salah satu pengurus Karang Taruna Bhakti Mulya Lestari, menambahkan, ada beberapa program yang sudah  disusun. Salah satunya adalah bagaimana nanti kerajinan bambu akan menjadi icon Bubulak. Melihat Bubulak yang identik dengan hutan, akan dimanfaatkan untuk menjadi destinasi wisata.

“Kedepan kita juga akan mengadakan penghijauan dibantaran sungai Cisadane yang masuk wilayah Bubulak. Program kita sangat banyak, karena setelah kita mapping ternyata putra daerah yang memang terlahir dan besar di Bubulak itu sangat banyak dan luar biasa,” jelas Aji.

Proses Absensi Peserta Diskusi & Silaturahmi Kelurahan Bubulak

Ditempat terpisah, menanggapi hal tersebut Ketua Umum LSM Komunitas Bela Rakyat (KOBRA), Mahmudin Nurdin mengatakan seharusnya peranan untuk menggerakkan berbagai kreatifitas warga, seyogyanya dimotori oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

“Namanya juga memberdayakan, artinya warga Bubulak harus berdaya. Kami berharap agar LPM peka terhadap berbagai potensi ekonomi rakyat yang ada di Kelurahan Bubulak,” tegasnya.

Reporter : Iful Saepulloh

Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *