Merinding, Diani Budiarto Bacakan Uga Wangsit Siliwangi

oleh -1.779 views

BOGOR, Kobrapostonline.com – Ada hal yang istimewa dalam rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Bogor di Gedung DPRD Jalan Pemuda Tanah Sareal Kota Bogor, Rabu (12/6/2019). Selain dihadiri jajaran muspida, pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) tokoh masyarakat, pinsepuh dan inohong Kota Bogor juga hadir mantan Wali Kota Bogor Diani Budiarto dan mantan Wakil Wali Kota Bogor Achmad Ru’yat dan Usmar Hariman.

Selain hadir memenuhi undangan panitia, Diani juga diminta untuk membacakan Uga Wangsit Siliwangi yakni pesan Prabu Siliwangi kepada warganya yang ikut mundur pada waktu beliau sebelum menghilang. Diani yang menjabat Wali Kota Bogor 2 periode ini membacakan Uga Wangsit Siliwangi dalam bahasa sunda.

Saat Diani membacakan pesan Prabu Siliwangi terlihat hadirin tertegun. Suara ngebass Diani sangat merasuk kalbu sehingga terasa merinding.

“Aya rasa nu ngageter jeroeun dada mangsa Pa Diani Budiarto maos Uga Wangsit Siliwangi dina acara Sidang Paripurna DPRD Kota Bogor dina raraga Milangkala Bogor ka 357 Taun. Anteb nyerep karaosna pinuh wibawa. Hatur nuhun pangersa, “ kata Uci Sanusi salah satu Kepala Seksi (Kasi) di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kota Bogor dalam komentarnya di status Facebook.

Berikut petikan Uga Wangsit Siliwangi yang dibacakan oleh Diani Budiarto yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

“Perjalanan kita hanya sampai disini hari ini, walaupun kalian semua setia padaku! Tapi aku tidak boleh membawa kalian dalam masalah ini, membuat kalian susah, ikut merasakan miskin dan lapar. Kalian boleh memilih untuk hidup kedepan nanti, agar besok lusa, kalian hidup senang, kaya raya dan bisa mendirikan lagi Pajajaran! Bukan Pajajaran saat ini tapi Pajajaran yang baru yang berdiri oleh perjalanan waktu! Pilih! aku tidak akan melarang, sebab untukku, tidak pantas jadi raja yang rakyatnya lapar dan miskin.”

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *