Peranan Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan Perkembangan Bogor

oleh -2.228 views
Istana Bogor
Istana Bogor salah satu karya Gustaav Willem Baron van Imhoff.

Kobrapostonline.comPeranan Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan Perkembangan Bogor. Ada berapa Gubernur Jenderal yang memerintah Indonesia pada masa kolonial yang dikenal sebagai Hindia Belanda atau Nederlandsche Indie itu?.

Sebenarnya Gubernur Jenderal yang kita kenal selama ini adalah yang memerintah kawasan Hindia Belanda dari akhir keberadaan VOC tahun 1800 sampai masa akhir pemerintahan Gubernur Jenderal A.W.L. Tjarda van Starkenborgh Stachouwer tahun 1942.

Jauh sebelumnya di masa VOC tercatat beberapa Gubernur  Jenderal. Yang  pertama adalah Pieter Both dari tahun 1609-1613. Di masa VOC juga ada beberapa nama Gubernur Jenderal yang tercatat dalam sejarah nasional di antaranya Jan Pieterszoon Coen yang menjabat dua kali. Walau tidak berurutan, yaitu dari tahun 1619-1622 dan dari 1627 sampai tahun 1629.

Di masa VOC pula tercatat seorang Gubernur Jenderal bernama Abraham van Riebeeck yang sangat menaruh perhatian kepada kawasan Bogor melalui beberapa perjalanannya. Satu-satunya Gubernur Jenderal yang juga dikenal peneliti karena ekspedisi yang dilakukan pada tahun 1703, 1704 dan 1709.

Penjelajahannya di daerah Bogor dan sekitarnya dilakukan dalam kedudukan sebagai pegawai tinggi VOC. Dua kali sebagai Inspektur Jenderal dan sekali sebagai Gubernur Jenderal. Hal-hal yang terpenting dalam kaitannya dengan Bogor adalah penemuan ciri-ciri keberadaan lokasi dan data-data tentang Pakuan Pajajaran.

Gustaav Willem Baron van Imhoff
Gustaav Willem Baron van Imhoff

Di dalam perjalanan sejarah Bogor tidak ada yang tidak mengenal nama seorang Gubernur Jenderal berdarah Jerman. Dialah Gustaav Willem Baron van Imhoff. Dimana pada tanggal 2 Desember 1740 Dewan XVII mengangkat van Imhoff sebagai Gubernur Jenderal menggantikan Adriaan Valckenier.

Imhoff lah yang mendirikan Akademi Maritim, dan Sekolah Latin di Batavia, Paleis te Buitenzorg yang kini dikenal sebagai Istana Bogor. Imhoff pula yang melahirkan nama Buitenzorg dari sebuah villa peristirahatan, Istana kediaman resmi Gubernur Jenderal sampai nama kawasan kota,  Gemeente Buitenzorg.

Baron van Imhoff menjabat Gubernur Jenderal dari tahun 1743 sampai 1750. Kemudian digantikan Jacob Mossel selama sebelas tahun dari 1750 sampai tahun 1761.

Baca juga : Mengulik Asal Usul Nama Jasinga
Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *