Mengulik Asal Usul Nama Jasinga

oleh -7.429 views
Tugu Jasinga
Tugu Jasinga

Tujuh ajaran itu mempengaruhi Purnawarman sebagai Raja Taruma III (395-434 M), sehingga ia mendirikan ibukota dengan nama Sundapura. Keruntuhan Taruma terjadi pada masa Linggawarman (669-732 M) sebagai Raja Taruma XII karena begitu kuatnya pengaruh Sunda.

Baca juga : Nani Kamarwan Pejuang Kemerdekaan yang Terlupakan

Dua titik wilayah yang merupakan Sanghyang Sunda yaitu Gajah Lumejang-Singa Bapang dijadikan tempat laskar bagi Kerajaan Sunda. Dan kedua nama tersebut disatukan menjadi Gajah Lumejang Singa Bapang kemudian menjadi nama Jasinga (Ja=Gajah Lumejang, Singa=Singa Bapang). Perpaduan dua Filosofi Gajah dan Singa. Tujuh ajaran Sanghyang Sunda tersebut tercantum dalam Kitab Aboga yang diperkirakan dibuat pada masa kejayaan Kerajaan Pajajaran.

Kitab ini kabarnya dibawa ke Leiden pada akhir abad 19. Dalam naskah sejarah yang ditulis dan dirangkum oleh Panitia Wangsakerta Panembahan Cirebon, nama Jasinga terdapat dalam sejarah Lontar sebagai tempat rujukan untuk melengkapi Kitab Negara Kretabhumi yang disusun untuk pedoman bagi raja-raja nusantara. Kitab itu disusun selama 21 tahun (1677-1698 M) pada masa-masa genting yaitu beralihnya raja-raja di Nusantara ke dalam penjajahan Belanda. Lontar itu berjudul ”Akuwu Desa Jasinga”.

Perlu dikaji bila naskah itu masih ada. Dari mitos seekor Singa, diyakini bahwa sampai saat ini masih ada beberapa ekor Singa yang menjaga wilayah Jasinga walaupun dalam bentuk gaib. Padahal di Jawa Barat, bahkan di Indonesia, tidak ditemukan habitat singa satu pun.

Jika dikaitkan dengan datangnya raja-raja pendahulu dari India, besar kemungkinan perlambang Singa berasal dari India pula. Tidak sebagaimana layaknya legenda-legenda di Jawa Barat, yang begitu percaya adanya Harimau Pajajaran serta menjadikan hal itu lambang atau filosofi tertentu, masyarakat Jasinga kurang erat dengan harimau mistik itu.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *