Mengulik Asal Usul Nama Jasinga

oleh -7.420 views
Tugu Jasinga
Tugu Jasinga

Tidak hanya urusan geografis, ditinjau dari budaya, perilaku serta dialek bahasa pun banyak kemiripan dengan masyarakat Banten yang sebagian tidak terpengaruh dengan budaya Priangan. Mengenai asal usul nama Jasinga sendiri hingga kini masih terdapat berbagai versi. Ada beberapa versi mengenai asal usul nama Jasinga antara lain :

(1). Mitos seekor Singa yang melegenda, jelmaan dari tokoh-tokoh Jasinga. Konon, ada tokoh setempat yang bisa mancala putra mancala putri, bahkan berubah wujud menjadi singa. Saat menampakkan diri sebagai raja gurun itulah, orang-orang terkagetkan dan berkata, “Ee..ja singa di dinya!”. Versi ini agak ganjil, mengingat tak ada singa di Indonesia, entah di zaman dulu kala.

Baca juga : Jangan Ada Penista, Batu Tulis Aset Budaya

(2). Pembukaan lahan wilayah itu dilakukan oleh Wirasinga, hingga nama lahan tersebut dijadikan nama Jasinga atas jasa Wirasinga. Wilayah tersebut dinamakan Jasinga oleh Sanghyang Mandiri serta menobatkan Wirasinga sebagai penguasa baru Jasinga. Jaya Singa bisa jadi sebuah daerah makmur yang dipimpin oleh Wirasinga, seperti Jakarta yang berasal dari daerah Jaya Karta dengan salah satu pemimpinnya, Pangeran Jaya Wikarta.

(3). Jayasingharwarman (358-382 M) Raja Tarumanagara I yang menjadikan Jayasinghapura sebagai ibukota kerajaan. Pendapat ketiga cukup menarik karena mengacu pada sejarah autentik bahwa Jasinga berasal dari kata Jayasingha.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *