Drajad Wibowo : Realokasi Anggaran COVID-19 Harus Tepat Sasaran

oleh -780 views
Realokasi Anggaran COVID-19
Foto : Ilustrasi

JAKARTA, Kobrapostonline.com – Menurut Ekonom Senior INDEF, Dradjad Wibowo, realokasi anggaran untuk pencegahan dan penanggulangan COVID-19 yang direncanakan pemerintah lewat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020, harus tepat sasaran.

“Harus betul-betul dialokasikan pada kebutuhan-kebutuhan alat-alat medis. Ruang isolasi harus benar-benar terisolasi. Jangan sampai masih ada memungkinkan virus untuk menyebar. Itu harus ada alokasi yang cukup besar ke sana,” katanya di Jakarta, Selasa (24/03).

Dradjad menuturkan, realokasi anggaran ini bisa menjadi salah satu alternatif dalam menyelamatkan perekonomian negara. Salah satunya, dengan melakukan belanja kesehatan masyarakat secara besar-besaran.

“Ini bisa mengkompensasi penurunan ekonomi yang terjadi di berbagai sektor. Termasuk sektor pariwisata, transportasi dan sebagainya,” tuturnya.

Lanjutnya, meski begitu, belanja kesehatan masyarakat ini harus dihitung dengan baik serta dengan model yang tepat. Sehingga, pemerintah bisa mengetahui besaran anggaran yang dibutuhkan untuk belanja kesehatan masyarakat yang efektif.

“Simulasinya begini, kalau kita belanja untuk memperkuat sektor rumah sakit dan puskesmas, itu akan ada tetesan belanja. Peningkatan demand untuk alat-alat kesehatan, bagi mereka yang memproduksi alat-alat itu. Akan ada sectoral links yang kuat,” jelas Dradjad.

Baca juga : Untuk Selamatkan Perekonomian Negara, Cegah Penyebaran COVID-19

Ia berharap, pemerintah bisa menjadikan belanja kesehatan ini sebagai satu jalur yang bisa menyelamatkan ekonomi negara.

“Sehingga, sambil melakukan pemulihan masyarakat dari COVID-19, keterpurukan ekonomi juga bisa ditekan,” imbuh Dradjad.

Reporter : Rangga A.

Editor : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *