Bencana Tak Kunjung Henti, Desa Pangkal Jaya diterjang Longsor

oleh -1.088 views
Longsor di Kp Batukasang

BOGOR, Kobrapostonline.com – Bencana alam tak kunjung berhenti menerjang wilayah barat Kabupaten Bogor. Kini longsor kembali terjadi di Kampung Batukasang  RT 01 RW 09 Desa Pangkal Jaya Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Khoerudin Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan Desa Pangkal Jaya saat dihubungi melalui ponselnya mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 02.00 WIB, Kamis (30/01/2020) dini hari.

“Longsor tersebut disebabkan karena tingginya curah hujan yang terjadi pada Rabu (29/01) malam. Ini merupakan yang kedua kalinya terjadi longsor di desa kami,” katanya.

Longsor kali ini, lanjutnya, mengakibatkan terputusnya dua akses jalan. Karena titik awal longsor tersebut terjadi diatas tebing jalan utama dan berlanjut menyapu jalan kedua yang berada dibawah jalan utama.

“Pagar pembatas jalan utama pun ikut tertimbun oleh material longsor. Karena tertutupnya jalan oleh material longsor seperti pohon, tanah, batu dan kayu, mengakibatkan jalan tersebut lumpuh total selama kurang lebih 3 jam,” jelasnya.

Khoerudin menambahkan, untuk membersihkan jalan dari material longsor, pihaknya menggunakan alat berat dari PT Aneka Tambang Tbk (Antam) Pongkor.

“Kini jalan kedua sudah dibersihkan oleh alat berat dan dibantu oleh pihak-pihak setempat, aparat dan masyarat sekitar serta para relawan. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini,” pungkasnya.

Baca juga : DPMPTSP Kabupaten Bogor Gelar Safari LKPM

Akibat dari bencana tersebut, aktifitas warga terganggu. Selain para pekerja, ada pula beberapa anak sekolah yang tidak jadi pergi ke sekolah, dengan alasan yang beragam.

Seperti dikatakan Abdul (17) salah satu siswa SMK di daerah Leuwiliang yang tidak masuk sekolah dengan alasan malas karena ada longsor. “Ya karena longsor, terus jadi males berangkat ke sekolah,” tuturnya.

Reporter : Andres

Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *